NILAI - NILAI DALAM ORGANSASI
Manajemen merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manajer) yang hrus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang
rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan melalui kerja sama dengan orang
lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu
yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.Berikut kegiatan manajemen dan aplikasi dalam organisasi dan metode:
v
Planning (Perencanaan) merupakan proses pemikiran, dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus
dilakukan secara rasional sebelum melaksanakan tindakan. Hal yang berkaitan
dengan perencanaan dalam organisasi diantaranya adalah rencana-rencana yang
coba disusun oleh pengelola organisasi, seperti rencana kerja atau kegiatan
serta anggaran yang diperlukan, teknis pelaksanaannya bisa melalui rapat-rapat,
seperti :
Ø
Rapat Kerja (pengurus organisasi) yang bertugas membicarakan
rencana-rencana kerja pengurus serta kegiatan anggota yang akan dilakukan
dengan satu atau lebih target yang akan dicapai.
Ø
Rapat
Anggaran, yang bertugas untuk menentukan berapa jumlah anggaran yang diperlukan
untuk mendukung kerja organisasi.
v
Organizing (Pengorganisasian) merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan
fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi -fungsi
tersebut secara tepat.
Yang harus diperhatikan dalam penempatan
orang (staffing) dilakukan secara obyektif.Dalam hal pengaturan, unsur yang perlu diperhatikan & diwujudkan adalah :
Ø
Struktur Organisasi yang mampu menunjukkan
bagaimana hubungan antara organisasi/bagian/seksi yang satu dengan yang lain.
Ø
Job Description yang jelas yang mampu
menjelaskan tugas masing-masingbagian.
Ø
Penataan
dan Pendataan Arsip & Inventaris Organisasi harus diatur dan ditata dengan
baik administrasi organisasi, seperti surat masuk, surat keluar,
laporanlaporan, proposal keluar, data anggota, AD/ART, GBHK, presensi, hasil
rapat, inventarisasi yang dimiliki, perangkat yang dipinjam dll.
v
Motivating (Pendorongan) merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina danmendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai. Motivating mencakup
segi-segi perangsang baik yang bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat,
pendidikan dan pengembangan karier, pemberian cuti dan sebagainya maupun yang
bersifat jasmaniah seperti sistem upah yang menggairahkan pemberian tunjangan,
penyediaan fasiliatas yang lengkap dan sebagainya.
v
Accounting (Pelaporan) merupakan unsur wajib yang harus dilakukan untuk menunjukkan sikap
& rasa tanggung jawab dari pengurus kepada anggotanya ataupun kepada
struktur yang berada diatasnya. Wujud kongkritnya adalah :
Ø
Progress Report (Laporan Pengembangan Kegiatan)
atau
Ø
Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Kegiatan
v Controlling (Pengendalian) merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan. Controlling sangat penting untuk mengetahui sampai di mana pekerjaan sudah dilaksanakan sehingga dapat dilakukan evaluasi, penentuan tindakan korektif ataupun tindak lanjut, sehingga pengembangan dapat ditingkatkan pelaksanaannya
Sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/02/hubungan-timbal-balik-anata-manajemen-organisasi-dan-tata-kerja/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar