Song

Minggu, 16 Juni 2013

Pengertian Soft Skill

Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Pengertian lain dari soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun soft skill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan Personal dan Inter Personal.
Soft skill Personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendir, misalnya : dapat mengendalikan emosi dalam diri, dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif.
Soft skill Inter Personal adalah kemampuan yg dimanfaatkan untuk diri sendiri dan orang lain, misalnya : mampu berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain dan bekerja sama dengan kelompok lain. Softskill juga harus di iringi dengan hardskill karena hidup tidak boleh hanya mempunyai softskill yang berkualitas saja tetapi hardskill kita perlu diperhatikan.Dengan memiliki hardskill yang baik, kita bisa menjadi manusia yang berkualitas.



Tujuan Soft skill pada kalangan pendidikan
Soft skills sangat penting untuk dimiliki setiap orang, dalam hal ini khususnya mahasiswa, karena nantinya mereka akan berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat luas setelah menamatkan studinya di kampus. Bersosialisasi dengan masyarakat luas setelah menamatkan studinya di kampus. Apabila mahasiswa mempunyai soft skills yang baik maka dia akan dapat membawa diri dengan baik dalam pergaulannya, baik dalam berfikir, bertindak dan berucap. Suksesnya proses interakasi dan adaptasi dengan lingkungan akan menunjang kesuksesan dalam karir dan prestasi (Endang Soelistiyowati, 2009).

Kesimpulan :
Soft skill bukan hanya kemampuan manajerial saja yang pada umumnya hanya upaya efisiensi dan efektifitas, tetapi juga bagaimana mampu mengelola manusia agar semua manusia yang berposisi sebagai pendukung system mempunyai kepuasan psikologis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar